jump to navigation

THL TBPP 2007, 30 HARI LAGI !! 30 Oktober 2009

Posted by thl4all in Pengumuman DEPTAN.
trackback
PENGUMUMAN BAGI THL-TB PENYULUH PERTANIAN
ANGKATAN I TAHUN 2007
Nomor :338/SM.600/J/10/2009

Sehubungan dengan akan berakhirnya masa kontrak kerja Tenaga Harian Lepas –Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Angkatan I pada akhir bulan November2009, dengan ini perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pada Tahun 2010, Departemen Pertanian tidak akan memperpanjang masa kontrak kerja THL-TB  Penyuluh Pertanian Angkatan I Tahun 2007, dan kepadamereka setelah menyelesaikan tugasnya pada akhir bulan November 2009 akan diberikan sertifikat pengabdian  THL-TB Penyuluh Pertanian.
2. Para THL-TB Penyuluh Pertanian Angkatan I yang telah selesai menjalani masa kontraknya dapat:
(a) mengikuti seleksi umum CPNS di Kabupaten/kota masingmasing sesuai ketentuan yang berlaku;
(b) mengikuti program Penggerak Membangun Desa (PMD) yang akan diselenggarakan oleh Departemen Pertanian;
(c) mengikuti program magang, atau
(d) Program lainnya baik di Pusat maupun Daerah.
3. Berkenaan dengan seleksi umum CPNS (termasuk bagi CPNS penyuluh pertanian) formasi untuk masing-masing kabupaten/kota telah ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan);
4. Seleksi CPNS di kabupaten/kota direncanakan sebagai berikut: (1) ujian saringan pada bulan November 2009; (2) pengumuman hasil ujian saringan pada bulan Desember 2009; dan (3) penetapan sebagai CPNS pada bulan Januari 2010;
5. Bagi setiap THL-TBPP Angkatan I Tahun 2007 yang mengikuti seleksi CPNS diharapkan melaporkan kepada Pimpinan kelembagaan penyuluhan kabupaten/kota setempat, termasuk melaporkan hasil kelulusannya.
6. Pada tahun 2010, Departemen Pertanian akan menyelenggarakan Program Penggerak Membangun Desa (PMD) dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Program ini diperuntukan bagi para THL lingkup Departemen Pertanian Angkatan I yang telah menyelesaikan masa tugasnya dan berminat untuk mengembangkan diri sebagai wirausahawan agribisnis secara berkelompok serta bersedia untuk melaksanakan tugas penyuluhan.
b. Bagi THL yang berminat mengikuti program PMD diharuskan berkelompok dengan THL lainnya dari wilayah yang sama untuk melakukan usaha agribisnis komoditas tertentu.
c. Usaha agribisnis yang dipilih harus memiliki kelayakan usaha dimana keuntungan usahanya mampu memberikan: (1) jaminan keberlanjutan usaha agribisnis, dan (2) insentif kepada anggota kelompok PMD yang besarnya sekitar Rp 15 juta per tahun/orang.
d. Setiap kelompok PMD diberikan bantuan langsung modal usaha yang besarnya berkisar antara Rp 27.000.000,- sampai dengan Rp 127.000.000,-/anggota
e. Jenis usaha agribisnis yang ditawarkan antara lain: (1) PMD Peternakan: usaha penggemukan sapi potong,(2) PMD Hortikultura: usaha tani hortikultura (cabe merah, semangka, melon, krisan, melati, cordelain), (3) PMD Perkebunan: usaha pembibitan tanaman perkebunan (sawit, karet, kakao, lada), dan (4) PMD Tanaman Pangan: UPJA Traktor, Pedal Thresher dan APPO. Khusus UPJA Traktor, Pedal Thresher dan APPO hanya diperuntukan bagi THL-POPT.
f. Untuk tahun 2010 Departemen Pertanian mengalokasikan dana PMD bagi 3.703 orang yang terdiri dari (1) PMD Peternakan sebanyak 1.747 orang, (2) PMD Hortikultura sebanyak 726 orang, (3) PMD Perkebunan sebanyak 754 orang, dan (4) PMD Tanaman Pangan sebanyak 476 orang.
g. Tenaga PMD tidak menerima honor atau insentif dari Departemen Pertanian, kecuali biaya operasional selama maksimal 10 bulan yang besarnya akan ditentukan kemudian.
h. Acuan yang lebih lengkap tentang PMD akan dituangkan dalam bentuk Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan PMD.
7. Khusus program magang, saat ini masih terus dijajagi pelaksanaannya dengan BNPTKI, Departemen Tenaga Kerja.
Demikian untuk diperhatikan dan harap maklum.

Jakarta, 30 Oktober 2009
Kepala Badan Pengembangan
SDM Pertanian/Ketua Tim
Penanganan THL Departemen
Pertanian,
ttd.
DR. IR. ATO SUPRAPTO, MS.
NIP 19520202197901001
(www.deptan.go.id)

Komentar»

1. muchlisin - 31 Oktober 2009

Meski kontrak habis semoga bisa memanfaatkan kesempatan yang ada seperti pendaftaran CPNS. Semoga sukses

2. abrehong - 8 November 2009

Apakah dengan tidak menjadi THL atau PNS kita akan tidak mencari nafkah dan tidak bisa makan?Artinya selama ini kita sangat dihantui oleh ketakutan yang sangat berlebih, sehingga ketika apa yang menjadi pegangan kita akan hilang maka kita panik dibuatnya.Sebenarnya jika kita telaah lagi, sepertinya kita sudah sedikit menyerempet dan sangat dekat dengan "MANUSIA INGKAR KONTRAK karena pada awalnya kita sudah di suguhkan oleh pasal2 yang memamng membuat lemah keadaan kita sekarang.Sesuatu yang berat bagi kita adalah melepas status PPL ketika kontrak ini berakhir.Yakinlah kawan…. ALLAH akan memberikan apa yang kita butuhkan jika kita selalu ingat dalam setiap nafas kita.ingat.. APA YANG KITA BUTUHKAN, bukan yang KITA MINTA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: