jump to navigation

PENYULUHAN JELAJAH DESA 14 Juli 2009

Posted by thl4all in Event Nasional THL TBPP.
trackback
THL TBPP – POPT INDONESIA
ANYER BANTEN – NUSADUA BALI

Sebuah Ide Kreatif : Arif Anto (THL TBPP TANGERANG)

INSPIRASI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMAD SAW
IRSA’ ( Perjalanan horizontal )
MI’RAJ ( Perjalanan Vertikal )

Jelajah Desa adalah perjalanan berkunjung, bersilaturahmi, bertemu, berdialog dan berdiskusi dengan petani di lintas kabupaten dan propinsi (perjalanan horizontal). Untuk kemudian hasil dari diskusi / dialog dengan masyarakat petani di sarikan dan dibawa untuk di sampaikan ke Pemerintah (Deptan), DPR dan Pihak terkait (perjalanan vertical). Idealnya kegiatan ini bisa “membantu” kepada pihak pengambil keputusan di bidang pertanian untuk mengetahui secara detail tentang potret peta permasalahan di kalangan petani, sehingga kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang pertanian di ambil secara tepat. Kedaulatan pertanian adalah meletakkan- memposisikan Petani sebagai pelaku pertanian sebagai subyek. Semoga………

MATERI JELAJAH DESA THL TBPP INDONESIA
1.PENYULUHAN MASSAL
2.PEMUTARAN FILM / SLIDE KEGIATAN PENYULUHAN THL-TBPP
3.DISKUSI DAN DIALOG DENGAN PETANI
4.WORKSHOP – PELATIHAN (AGROKLINIK)
5.LOMBA ANTAR PETANI

PELAKU JELAJAH DESA
1.THL TBPP INDONESIA dari berbagai dasar disiplin ilmu (penyuluhan, budidaya, teknologi pengolahan, kedokteran hewan, peternakan, perikanan dll)
2.THL POPT

WAKTU KEGIATAN
Bulan Agustus 2009

PESERTA (audiens) ACARA JELAJAH DESA

1.Masyarakat petani di setiap kabupaten yang di kunjungi
2.Kelompok tani, Gapoktan, KTNA, ormas.
3.Pemimpin wilayah dan Tokoh masyarakat setempat (Kepala desa, Camat, Kepala Dinas , Bupati)

TEKNIS KEGIATAN

1.100 orang terdiri dari THL TBPP dan POPT perwakilan dari 33 propinsi sebagai tim penyuluh MOBILE (gerak&jelajah) berangkat dari titik nol Anyer prop Banten.dengan kendaraan konvoi mengunjungi setiap kabupaten di setiap kabupaten di pulau jawa sampai bali di rute yang sudah di tetapkan.
2.Di tiap kabupaten yang sudah di tetapkan pada sore dan malam harinya di selenggarakan penyuluhan massal dan kegiatan yang di agendakan dalam materi jelajah desa yaitu penyuluhan, workshop, diskusi , agroklinik dan lainnya yang di pandang perlu dengan peserta tersebut diatas. Teknis acara di kabupaten yang di tetapkan di selenggarakan oleh Tim Panitia Lokal THL TBPP.
3.Tim Penyuluh THL TBPP-POPT mobile menginap di kab tempat acara, untuk kemudian keesokan harinya melanjutkan dengan rute yang di tentukan dan tempat acara di kab berikutnya yang sudah di tetapkan.
4.Materi yang di sampaikan di pilih berdasarkan spesifik daerah dan melibatkan penyuluh mobile dan penyuluh setempat.
5.Semua dokumentasi kegiatan di arsipkan menyangkut teknis teknis lainnya.
6.Di titik akhir penyuluhan jelajah desa adalah Kantor Deptan Jakarta DPR, untuk menyampaikan hasil penyuluhan Jelajah Desa dalam acara Temu Nasional THL TBPP Indonesia I dengan acara diskusi dengan Pihak terkait dan menyampaikan kesimpulan hasil akhir kegiatan penyuluhan Jelajah Desa THL TBPP- POPT Indonesia.

HASIL YANG INGIN DICAPAI

1.Memberi penyegaran suasana Penyuluhan Pertanian dengan pertukaran Penyuluh antar daerah saat berlangsungnya acara.
2.Memberi motivasi kepada petani dengan pertukaran informasi tentang teknologi pertanian dll yang di adopsi di wilayah lain.
3.Membuka ruang diskusi antara petani, penyuluh dan THL TBPP tentang permasalahan yang di hadapi petani dan harapan petani tentang Penyuluhan pertanian
4.Merekapitulasi permasalahan permasalah pertanian
5.Merekapitulasi permasalahan Penyuluhan
6.Memberi semangat dan pencerahan bagi sesama penyuluh utamanya THL TBPP
7.Hasil inventarisasi dalam kegiatan Penyuluhan jelajah desa, akan di sampaikan kepada pihak pengambil keputusan kebijakan pertanian (pemerintah-DPR)
8.dll
9.dll

Rute Penyuluhan Jelajah Desa
2 MINGGU 57 Kab/Kota 7 Propinsi PENYULUHAN JELAJAH DESA

Anyer-Serang-Pandeglang-Rangkasbitung-Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Cilacap-Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Wates-Sleman-Yogya-Klaten-Surakarta-Sragen-Ngawi-Madiun-Nganjuk-Kediri-Tulungagung-Blitar-Malang-Lumajang-Jember-Banyuwangi-Pulau BALI,Situbondo-Probolinggo-Pasuruan-Sidoarjoojokerjo-Jombang-Bojonegoro-Blora-Purwodadi-Pati-Demak-Semarang-kendal-Batang-Pekalongan-Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon-Majalengka-Sumedang-Subang-Purwakarta-Karawang-Bekasi-DEPTAN (Jakarta)

PENYULUHAN JELAJAH DESA
sebagai
DIPLOMASI BUDAYA
2 minggu -14 hari perjalanan-14 Penyuluhan Massal –Dialog dan Diskusi –Pemutaran Slide Dokumenter THL TBPP Indonesia-Workshop-Agroklinik-Lomba antar petani

Di Akhir perjalanan di Deptan/DPR berdialog dengan stakeholder negara

Kabupaten sebagai lokasi acara penyuluhan massal

Pandeglang-Cianjur-Cilacap-Bantul-Ngawi-Malang-Banyuwangi-Pulau Bali(…….), Probolinggo-Jombang-Demak-Brebes-Sumedang-Karawang, atau sesuai kesepakatan.

Bagaimana Menurut Anda???

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: